Selasa, 11 Mei 2010 13:22 WIB News Share :

Hukuman terus bertambah, Robert Tantular kecewa

Jakarta–Mantan bos Bank Century, Robert Tantular mengaku kecewa dengan putusan Mahkamah Agung yang memvonisnya sembilan tahun penjara. Robert heran hukumannya terus bertambah sejak putusan pengadilan tingkat pertama.

Hal itu diungkapkannya sesaat sebelum menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (11/5). “Saya terkejut dan kecewa, saya tidak tahu apa isinya,” kata Robert.

Robert mengaku heran, dengan putusan hakim tersebut. “Kok bisa di (pengadilan) negeri empat tahun, pengadilan tinggi lima tahun, sekarang mendadak sembilan tahun,” ujarnya. Sedang jaksa sendiri menuntut Robert dengan sembilan tahun penjara.

Kemarin, Senin (10/5) majelis hakim Mahkamah Agung memvonis Robert sembilan tahun penjara. Putusan tersebut jauh lebih berat dari pada putusan di pengadilan tinggi. Atas putusan tersebut, pihak pengacara berencana mengajukan peninjauan kembali.

Robert dinyatakan bersalah melakukan gabungan beberapa perbuatan sehingga dipidana lebih berat. Sesuai pasal 65 ayat 2 KUHP yang menyatakan terdakwa yang dinyatakan bersalah dalam gabungan delik maka hukumannya diperberat sesuai hukuman maksimal ditambah 1/3.

Robert juga dituding melakukan praktek perbankan yang tidak sehat sehingga menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat. Selain dibui sembilan tahun, Robert juga dikenai denda US$ 100 juta subsidair delapan bulan penjara.

vivanews/ tiw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…