internet
Selasa, 11 Mei 2010 15:11 WIB Kesehatan Share :

Efek buruk rokok bagi kecantikan

Anda mungkin sudah tahu, rokok berdampak buruk pada jantung, paru-paru, otak bahkan kehidupan seksual.

Tapi tahukah Anda, ternyata wanita lebih besar mendapat imbas buruk rokok dibandingkan pria? Tak hanya menggerogoti kesehatan, rokok juga membuat kecantikan memudar dan penuaan lebih cepat.

Berikut empat dampak buruk dari rokok bagi kecantikan Anda, seperti dilansir VIVAnews, Selasa (11/5).

1. Kantung mata
Paling menyebalkan jika memiliki kantung mata. Kantung mata muncul jika Anda kurang tidur, atau tidur tidak berkualitas. Menurut penelitian tim dari John Hopkins, perokok kualitas tidurnya empat kali rendah dibandingkan dengan yang tidak merokok. Akibatnya kantung mata lebih besar dan sangat terlihat.

2. Gigi kuning
Nikotin yang menumpuk pada gigi bisa membuatnya kuning. Bahkan, jika merokok sudah cukup lama dan tanpa disertai perawatan teratur, gigi bisa menghitam. Jadi, jika memang Anda perokok pastikan melakukan perawatan gigi secara teratur atau lebih baik berhenti merokok.

3. Keriput
Krim malam, pelembab, krim anti-penuaan bisa saja Anda gunakan, tetapi jika tetap merokok, dapat membuat segalanya sia-sia. Menurut peneliti, seseorang yang merokok tampak dua tahun lebih tua dibandingkan yang tidak merokok. Hal itu karena rokok menghambat suplai darah sehat ke lapisan kulit, sehingga membuat kehilangan kekenyalannya, mudah keriput, kering dan kusam.

4. Rambut tipis
Tidak cukup membuat kulit cepat keriput dan kusam, rokok juga merusak keindahan mahkota Anda. Zat racun kimia dalam rokok, dapat merusak DNA pada akar rambut dan menghasilkan zat radikal bebas. Kedua zat ini membuat rambut rusak dan rontok. Menurut penelitian 2007 di Taiwan, pria perokok risiko kebotakannya dua kali lebih besar dibandingkan yang tidak merokok.

tiw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…