Senin, 10 Mei 2010 17:16 WIB Karanganyar Share :

Pemkab Karanganyar bentuk sekretariat PPID

Karanganyar (Espos)--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar membentuk sekretariat pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) menyikapi pemberlakuan Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), per Mei 2010.

Bupati Karanganyar, Rina Iriani Sri Ratnaningsih, dalam penjelasannya kepada wartawan menyebutkan PPID akan melibatkan pejabat-pejabat lintas satuan kerja. Mereka ditunjuk untuk bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan atau pelayanan informasi di Badan Publik.

“Kepada mereka akan diberikan SK (surat keputusan) Bupati. Selain itu ada tim pengendali, jadi tidak liar,” ungkapnya seusai pelaksanaan sosialisasi UU KIP di Ruang Podang Setda Kabupaten Karanganyar, Senin (10/5), didampingi Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Nunung Susanto.

Rina memaparkan, keberadaan PPID nantinya akan memilah informasi-informasi  yang bisa disampaikan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) serta yang harus dikeluarkan melalui sekretariat PPID. Namun demikian dia menegaskan Pemkab tidak akan menutup-nutupi berbagai informasi seputar kinerja dan pelaksanaan pemerintahan daerah (Pemda) setempat, kecuali yang harus dirahasiakan.

try

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…