Senin, 10 Mei 2010 13:54 WIB News Share :

Menpan dan Kapolri resmikan inovasi layanan publik

Samarinda–Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan), EE Mangindaan dan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri, meresmikan 11 jenis inovasi pelayanan publik di Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (10/5).

Ke-11 jenis pelayanan publik itu yakni ISO 9001:2008 Samsat, Satpas dan BPKB, Samsat Corner, Samsat Keliling, Samsat Drive Thru, Samsat Penuh, dan Samsat Pembantu. Ada juga Samsat Payment Point, komputerisasi unit BPKB,  komputerisasi ujian teori SIM, SIM Corner, dan mobil kesehatan keliling Bidang Dokkes Polda Kaltim.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan, untuk Samsat online yang berada di Mal Samarinda Central Plaza (SCP) dengan nama Samsat SIM and Corner Online, merupakan sistem pelayanan yang merupakan hasil inovasi.

“Sistem pelayanan di mal yang kami terapkan ini merupakan sistem yang baru diterapkan di Kaltim. Tujuannya adalah untuk mempermudah akses dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Menurut dia, selama ini masih banyak warga yang beralasan  terlalu sibuk sehingga tidak sempat mengurus surat ijin mengemudi (SIM) maupun memperpanjang surat tanda nomor kendaraan (STNK).

Menurutnya, saat ini penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di Kaltim, khususnya di bidang pelayanan lalu lintas telah diimplementasikan pada beberapa unit pelayanan yakni sistem  administrasi manajemen pelayanan satu atap (Samsat) Kota Balikpapan, Samsat Kota Tarakan, termasuk Satpas Polres Tarakan.

Kemudian Satpas Polres Bontang, Unit Pelayanan BPKB Ditlantas Polda Kaltim.

“Manfaat ISO 9001:2008 antara lain mengurangi biaya operasional, kepuasan pelanggan, persyaratan kepatuhan hukum, dan peningkatan terhadap pengendalian manajemen resiko,” katanya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…