Minggu, 9 Mei 2010 15:34 WIB News Share :

Gempa terjadi akibat penunjaman lempeng

Jakarta–Gempa berkekuatan 7,2 SR yang terjadi di barat daya Meulaboh, Aceh, sempat mengejutkan warga. Gempa terjadi akibat penunjaman lempeng di dasar laut.

Hal tersebut seperti yang dijelaskan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, Minggu (9/5).  “Penyebab gempa di sebelah barat wilayah NAD adalah penunjaman lempeng Indo-Australia ke bawah eurasia,” ungkapnya.

Karena titik gempa terbilang dalam, maka kecil kemungkinan menimbulkan tsunami. “Gempa ini tidak menimbulkan tsunami walaupun energinya besar. Sumber gempa yang dalam kecil kemungkinan menyebabkan dislokasi bawah laut yang dapat menyebabkan tsunami,” imbuhnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sumber gempa berada di kedalam 30 kilometer, sementara USGS mencatat sumber gempa berada di kedalaman 60 kilometer. “Gempa ini berpotensi dirasakan meluas,” tutup Surono.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…