Minggu, 9 Mei 2010 14:35 WIB Kesehatan Share :

Debu dan asap rokok penyebab utama asma

Jakarta–Debu dan asap rokok berada pada peringkat pertama dan kedua penyebab seseorang mengalami asma. Demikian disampaikan Ketua Dewan Asma Indonesia, Prof dr Faisal Yunus dalam peringatan Hari Asma Sedunia, Minggu (9/5).

Meski demikian penyebab asma pada tiap orang belum tentu sama. “Kebanyakan karena debu bisa langsung asma. Kedua itu asap rokok,” ujarnya di Silang Monas, Jakarta. Namun, ia menjelaskan, penyebab asma tiap orang berbeda-beda, seperti asap kendaraan, udara dingin, dan makanan.

Faisal menyarankan penderita asma untuk menghindari faktor pencetus tersebut. “Bisa juga senam asma untuk penderita asma tidak akut. Senam membantu pernapasan yang baik,” ujarnya menjelaskan.

Penyakit asma bisa timbul karena dua hal, yakni genetik (turunan) dan lingkungan. “Sebanyak dua pertiga penderita asma itu karena lingkungan. Yang genetik cuma sepertiga,” ucapnya.

Kini, jumlah penderita asma di Indonesia mencapai 5.000 orang. Sebanyak 64 persen dari 400 orang tidak terkontrol asmanya.

kompas.com/ tiw

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…