Minggu, 9 Mei 2010 13:41 WIB News Share :

BMKG
Belum ada laporan adanya korban dan kerusakan bangunan

Jakarta– Gempa 7,2 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Gempa ini membuat panik warga Aceh. Badan Meteorogi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa atau kerusakan bangunan akibat gempa berpotensi tsunami ini.

“Belum adanya laporan korban,” kata Kepala Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr Fauzi saat dihubungi detikcom, Minggu (9/5) pukul 13.30 WIB.

Fauzi mengatakan, pihaknya masih menunggu laporan dari BMKG NAD.

Gempa ini berpusat di 66 km barat daya Meulaboh, 110 km barat daya Blangpidie, 126 km barat laut Labuhanhaji, 138 km barat laut Sinabang, dan 1.634 km barat laut Jakarta. Pusat gempa di kedalaman 30 km.

Gempa berkekuatan 7,2 SR di Aceh membuat warga Kabupaten Bireuen panik. Warga berlarian ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

“Gempanya cukup lama sekitar 3 menit. Warga langsung berlarian ke luar rumah. Gempanya terasa cukup kuat,” kata Heri, warga Bireun, kepada detikcom, Minggu.

Heri belum bisa memastikan apakah ada korban jiwa atau kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. “Saya belum sempat mengecek,” katanya.

Selain di Bireun, gempa juga dirasakan di Lhokseumawe dan Banda Aceh. Gempa terasa hingga Tanah Karo dan Medan.

“Akibat gempa, Lhokseumawe mati lampu,” kata Suyatnya.

Gempa 7,2 SR yang terjadi di Aceh juga terasa di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut). Warga berhamburan keluar rumah saat daerah mereka bergoyang.

“Pas sedang duduk tiba-tiba terasa seperti goyang, saya lihat tetangga banyak yang lari dan teriak gempa, saya pun akhirnya juga ikut lari ke jalan,” ujar warga Asahan, Rizal .

Gempa tersebut berlangsung sekitar 30 detik dan dirasakan sangat kuat oleh warga Asahan dan sekitarnya.

“Kita langsung lari keluar rumah karena terasa sekali gempanya,” tambah Rizal.

Getaran gempa juga terasa beberapa wilayah lain di Sumut seperti di Kota Medan, Kota Tanjung Balai, Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal.

Belum ada laporan kerusakan akibat gempa yang berpusat di 66 km barat daya Meulaboh, 110 km barat daya Blangpidie, 126 km barat laut Labuhanhaji, 138 km barat laut Sinabang, dan 1.634 km barat laut Jakarta, ini.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…