Sabtu, 8 Mei 2010 11:39 WIB News,Hukum Share :

Hakim perkara Gayus ditangkap polisi

Jakarta— Ketua Majelis Hakim yang menangani perkara Gayus Tambunan, Muhtadi Asnun ditangkap penyidik Mabes Polri. Asnun tidak diizinkan kembali ke rumahnya setelah menjalani pemeriksaan selama 12 jam lebih di Mabes Polri.

“Dikenakan penangkapan, tapi bukan ditahan,” kata salah satu pengacara Asnun, Firman Wijaya usai mendampingi Asnun di Mabes Polri, Jakarta, Jumat malam (7/5).

Dengan dikenakannya penangkapan ini, kata Firman, Asnun diwajibkan menginap di Mabes Polri selama 1 X 24 jam di sini untuk diperiksa kembali. “Besok jam 10 atau jam 11 akan dilanjutkan pemeriksaan,” kata dia.

Dia menambahkan, penyidik melakukan penangkapan terhadap kliennya itu setelah ada izin. “Dari Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung untuk dilakukan penagkapan,” kata dia.

Lalu, apakah penangkapan ini akan berlanjut pada penahanan kepada Asnun? “Kemungkinan itu ada,” kata dia.

Asnun telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Mabes Polri. Dia dijerat dengan Pasal 5, Pasal 6 Ayat 2, dan Pasal 12c Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Dalam pemeriksaan kali ini, Asnun telah disodori 36 pertanyaan. Namun, masih ada beberapa pertanyaan yang belum dijawab karena kondisi kesehatan Asnun tiba-tiba menurun. Tekanan darahnya mendadak tinggi menjadi 150. Pemeriksaan pun sempat terhenti sebentar.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Komisioner KY menyatakan Asnun telah mengaku menerima uang Rp 50 juta dari Gayus Tambunan. Pengakuan itu dinyatakan Asnun ketika diperiksa KY.

Melalui kuasa hukimnya, Farhat Abas, Asnun mengakui ada pertemuan dengan Gayus. Tetapi, pertemuan itu tidak terkait dengan kasus yang sedang terjadi pada yang bersangkutan, melainkan hanya untuk membicarakan keponakan Asnun yang ingin masuk menjadi Pegawai NegeriSipil di Ditjen Pajak.

Muhtadi Asnun sendiri saat ini telah dimutasikan dari Pengadilan Negeri Tangerang ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dengan status non-palu alias tidak boleh menangani perkara.

vivanews/rif

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…