Jumat, 7 Mei 2010 15:31 WIB Pendidikan Share :

Kelulusan siswa 10 SMP Terbuka di Temanggung 0%

Temanggung— Sebanyak 10 dari 17 SMP Terbuka di Kabupaten Temanggung seluruh siswa tidak lulus ujian nasional. Kepala Bidang Dinas Pendidikan Sudiyanto mengatakan diantara sekolah itu adalah SMP Terbuka Gemawang, Bansari dan Bejen.

“Di Bejen, 25 siswanya tidak lulus semua,” kata Sudiyanto, Jumat (7/5).

Menurut dia, rata-rata jumlah siswa SMP Terbuka di Temanggung berjumlah 15 hingga 25 orang. Namun demikian ada juga sejumlah sekolah yang memiliki siswa hanya 6 hingga 9 orang saja.

Dia mengakui, tingkat kelulusan siswa SMP Terbuka di Temanggung cukup rendah. Dari total 227 siswa SMP Terbuka di Temanggung yang menjadi peserta ujian, hanya 31 orang saja yang dinyatakan lulus. Adapun sisanya, sebanyak 196 siswa tidak lulus.

Kebanyakan siswa SMP Terbuka, kata dia, adalah anak usia sekolah. Hanya saja proses belajar-mengajar untuk mereka dilakukan tidak sebaik di SMP non Terbuka. “Belajarnya di rumah, pakai buku modul,” katanya.

Kondisi pembelajaran semacam inilah, yang diperkirakan menjadi penyebab rendahnya angka kelulusan di SMP Terbuka. Tak hanya 10 SMP Terbuka dengan siswa yang tak lulus semua, kata dia mencontohkan, rendahnya kelulusan siswa juga terlihat dari salah satu SMP Terbuka.

“Di (SMP Terbuka) Wonoboyo, hanya satu saja siswa yang lulus,” kata dia.

Bagi siswa yang tidak lulus, lanjut dia, Dinas memberikan kesempatan untuk mengikuti ujian ulangan. Ujian ulangan ini dilakukan untuk perbaikan mata pelajaran yang tidak lulus.

tempointeraktif/rif

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…