Jumat, 7 Mei 2010 20:55 WIB Pilkada,Solo Share :

Besok, KPU Solo tetapkan pasangan calon terpilih

Solo (Espos)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo akan menetapkan pasangan calon terpilih dalam Pilkada Solo, Sabtu (8/5) besok.
Hingga, menjelang penetapan calon ini tidak ada gugatan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pelaksanaan Pilkada Solo. “Besok  rapat pleno internal untuk menetapkan pasangan calon terpilih,” ungkap Ketua KPU Solo Didik Wahyudiono saat dihubungi, Jumat (7/5).

Dia menjelaskan, penetapan pasangan calon terpilih akan mengacu pada hasil rekapitulasi perhitungan suara tingkat kota yang telah dilakukan, Minggu (2/5). Dari hasil rekapitulasi itu, pasangan Joko Widodo-FX Hadi Rudyatmo (Jo-Dy) meraih 248.243 suara atau 90,09%, sedangkan pasangan Eddy Wirabhumi-Supradi Kertamenawi (Wi-Di) meraup 27.306 suara atau 9,91%.

Sedangkan suara tidak sah mencapai 7.140 suara. Pilkada 26 April lalu juga mencatat angka partisipasi masyarakat yang tinggi, yaitu 71,80%. “Itu menjadi dasar untuk penetapan. Nanti KPU akan mengeluarkan SK penetapan pasangan calon terpilih,” ungkap Didik.

Dia menjelaskan, setelah rapat pleno internal digelar dan penetapan pasangan calon terpilih dilakukan, KPU akan segera mengirimkan SK penetapan pasangan calon terpilih ke DPRD Solo.
Rencananya, SK itu akan diserahkan ke DPRD Solo, Senin (10/5). Dia menyatakan, SK dari KPU itu akan diproses oleh DPRD untuk dibawa ke Mendagri untuk diberi SK.

“Setelah SK diberikan nanti bolanya ada di DPRD. Pihak DPRD yang akan memprosesnya ke Mendagri. Tahapannya seperti itu,” kata dia.
Sesuai tahapan yang ada, DPRD Solo memiliki waktu hingga 7 Juli untuk mengirimkan SK ke Mendagri. Setelah itu, tinggal menunggu pelantikan walikota-wakil walikota terpilih. Rencananya, pelantikan itu bakal dilakukan 28 Juli 2010.

dni

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…