Kamis, 6 Mei 2010 15:21 WIB Tekno Share :

Robot juga bisa konser musik

Saat ini robot tak hanya menjalankan fungsi teknis misalnya sebagai robot pemadam kebakaran, melakukan pekerjaan rumah dan operasi hingga memainkan sejumlah alat musik. Kita sudah tahu bagaimana sebuah robot konduktor menampilkan ansambel Wilmott.

Namun banyak yang belum tahu bahwa ada kawanan robot yang bisa memainkan sebuah orkestra. Karmetik Machine Orchestra telah membuktikan bahwa robot juga bisa melantunkan lagu yang enak didengar.

Karmetik Machine Orchestra yang diciptakan seorang musik supervisor dari California Institute of Arts di Los Angeles, Ajay Kapor yang kini sedang menyiapkan diri untuk konser pada 13 Mei mendatang pada pertunjukan CalArts di Los Angeles.

Robot-robot yang diciptakan Ajay dapat memainkan sejumlah alat musik, seperti menggebuk drum, memukul gong dan memetik gitar.

Cara kerjanya, robot-robot ini menggunakan alat sensor data untuk menginterpretasikan gerakan-gerakan yang ditampilkan artis pada sebuah pertunjukan. Jadi, bukan mustahil jika robotlah yang membuat alunan nada untuk mengiringi lenggak-lenggok penari.

tempointeraktif/rif

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…