Kamis, 6 Mei 2010 09:36 WIB News Share :

Pengganti Sri Mulyani harus netral

Jakarta–Kursi Menteri Keuangan akan segera kosong setelah Presiden SBY memberikan restunya kepada Sri Mulyani untuk menjadi managing director di Bank Dunia. Lantas figur seperti apa yang seharusnya menggantikan Sri Mulyani?

Ekonom Standard Charter,  Fauzi Ikhsan, mengatakan sosok pengganti Sri Mulyani haruslah netral. “Pertama dia harus orang netral dalam artian apolitis, karena pengambilan keputusan kebijakan ekonomi harus dilepaskan dari dunia politis,” ujarnya, Rabu (5/5) malam.

Selain netral, menurut Fauzi calon ia juga harus seorang yang profesional, berdedikasi tinggi, berintegritas tinggi, teknokrat dan orang yang tenang dalam menghadapi masalah.

“Dia harus tenang dalam menghadapi setiap masalah yang ada, ada krisis tenang, kerusuhan tenang, sehingga pengambilan keputusan lebih terkontrol,” tambah Fauzi.

Fauzi juga menggaris bawahi keberhasilan Sri Mulyani dalam menerapkan reformasi birokrasi perlu diteruskan oleh penggantinya kelak.

“Kalau sekadar orang yang mengerti tentang ekonomi makro itu banyak tapi meneruskan dan memperbaiki reformasi birikrasi itu yang sulit. Jangan sampai itu (reformasi birokrasi) itu tidak dilanjutkan,” pungkasnya.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…