Kamis, 6 Mei 2010 11:06 WIB Pilkada,Sukoharjo Share :

Pasangan Cabup Sukoharjo
Pertanian dan industri jalan bareng

Sukoharjo (Espos)–Menurut Ekonom Riri Sumantyo, potensi yang ada di Kabupaten Sukoharjo harus diracik secara apik dan benar, agar bisa meningkatkan drajat fiskal masyarakat setempat.

Lantas bagaimana pasangan Cabup dan Cawabup Sukoharjo, Warto dan Hadi mendayagunakan potensi tersebut.

Pertanyaan itu disampaikan langsung saat debat terbuka Cabup dan Cawabup Sukoharjo yang digelar di Wisma Boga, Solobaru, Sukoharjo dan disiarkan langsung oleh SOLOPOS FM, Kamis (6/5).

Cawabup Haryanto, dari pasangan Warto mengakui jika masih perlu mensinergikan antara lahan pertanian dengan sumber daya manusia (SDM) yakni petani untuk mendapatkan hasil maksimal.

“Kita sudah memiliki potensi lahan pertanian, juga SDM yang mengelola lahan tersebut secar organik. Ini yang harus disinergikan untuk mendapatkan harga jual tinggi, terang Haryanto.

Sementara, Cabup M Toha dari pasangan Hadi menyatakan, potensi industri lebih besar jika dibanding pertanian sehingga perlu perhatian dari pemerintah. Kendati demikian antara pertanian dan industri bisa seiring sejalan untuk meningkatkan drajat fiskal masyarakat.

“Pertanian bisa diindustrialisasi untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Jadi jangan sampai yang menguasai itu para pengusaha yang tidak tahu masalah pertanian,” tandas M Toha

rif

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…