Kamis, 6 Mei 2010 14:34 WIB News Share :

Jika tak hadir, Polri akan panggil Susno kembali

Jakarta–Polri menilai tidak ada yang salah dengan surat pemanggilan terhadap Komjen Susno Duadji. Apabila Susno menolak hadir maka Polri akan segera memanggil Susno kembali.

Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi kepada wartawan mengatakan hal tersebut merupakan proses hukum yang normatif. “Kita akan layangkan panggilan kedua. Itu proses hukum yang normatif,” ujarnya di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jaksel, Kamis (6/5).

Menurut Ito, pemanggilan Susno sebagai saksi sudah dilakukan sesuai prosedur yang berlaku. Mestinya, Susno hadir untuk memberikan keterangan seperti pemanggilan-pemanggilan sebelumnya. “Kan saya sudah sampaikan ada mekanisme pemanggilan sebagai saksi atau tersangka,” jelasnya.

Namun Ito belum dapat memastikan kapan pemanggilan berikutnya dilayangkan kepada Susno. “Nanti saja, belum tahu,” tuturnya.

Ito membenarkan, saat ini tim penyidik mulai melakukan penyelidikan terhadap kasus dugaan suap/gratifikasi kasus Arwana. Namun, hal tersebut perlu ditelusuri lebih jauh.

“Tentunya semua tahu semua perkara yang dilakukan selama ini kasus Gayus, jadi selain itu kita masih dalami kasus arwana yang terkait Pak Susno,” terangnya.

Mestinya, kata Ito, Susno kooperatif memenuhi panggilan. Sebab, penyidik tidak mungkin serta merta tanpa alasan yang cukup untuk melakukan penyelidikan maupun penyidikan.

“Tapi kita harus mengedepankan pemanggilan dengan asas praduga tak bersalah jadi bukan berarti sekarang minta keterangan sudah dinyatakan terlibat kasus pidana dan sebagainya, kan butuh proses pembuktian,” tandasnya.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…