Kamis, 6 Mei 2010 20:38 WIB Wonogiri Share :

Guru dan orangtua diminta kendalikan emosi anak tak lulus

Wonogiri (Espos)–Hari Jumat (7/5) besok dijadwalkan hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SLTP diumumkan serentak. Walau belum ada pengumuman, sebagian sekolah sudah menggelar acara perpisahan, seperti di SMPN 1 dan 2 Girimarto.

Terkait pengumuman kelulusan SMP, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, H Suparno, mengatakan segala bentuk kegiatan yang tidak etis dilarang, seperti berkonvoi, corat-coret baji maupun perayaan hura-hura.

“Imbauan kami tetap melarang kegiatan yang tidak etis, seperti hura-hura, konvoi dan sebagainya,” ujar Kadisdik, Kamis (6/5).

Dia berharap para siswa yang lulus merayakan kelulusan dalam batas wajar. “Bersyukur dengan tidak melakukan tindakan hura-hura akan lebih pas. Kalau perlu, siswa yang lulus memberikan motivasi kepada rekannya yang belum lulus untuk tidak patah arang karena tahun ini masih ada kesempatan mengulang pada 17-20 Mei mendatang.”
Mantan Kepala SMAN 1 Jatisrono ini meminta siswa tidak turun ke jalan.

“Kami juga meminta guru dan orangtua mampu mengendalikan emosi anak saat dinyatakan belum lulus. Motivasi dan beri pengertian, sehingga kejadian menegak racun dan sebagainya tidak terulang lagi. Masa depan masih panjang dan tidak perlu mengembangkan pemikiran sempit.”

Sementara itu, informasi yang diperoleh Espos, pengelola SMPN 1 dan 2 Girimarto telah menggelar acara perpisahan bagi siswa Kelas IX di sekolah masing-masing. Kepala SMPN 1 Girimarto, Purwanto didampingi Wakasek Tintin Maryana mengatakan acara pelepasan ditangani sendiri oleh pengurus OSIS.

“Acara perpisahan sengaja digelar sebelum hari pengumuman, agar diikuti oleh seluruh siswa. Pengumuman akan dilakukan besok, kami akan mengikuti imbauan dari Dinas. Kalau mengacu pada pengumuman UN SMA, dilakukan pukul 14.00 WIB, tapi kepastiannya malam nanti  akan diketahui karena semua Kasek dikumpulkan,” ujar Purwanto.

tus

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…