Kamis, 6 Mei 2010 17:13 WIB Wonogiri Share :

Dengan bergotong royong, kerusakan rumah selesai dalam sehari

Wonogiri (Espos)–Jumlah rumah rusak akibat bencana angin ribut di Dusun Watugede, Desa Jatisrono, Kecamatan Jatisrono sebanyak 25 rumah. Berkat keguyuban warga dalam bergotong royong, puluhan rumah di Dusun Joho dan Watugede, Desa Jatisrono selesai dibangun dalam waktu sehari. Kerusakan genteng rumah itu akibat terkena bencana alam angin ribut atau oleh masyarakat dikenal dengan nama celeret tahun, Rabu siang dan Kamis (6/5) kondisi kerusakan sudah pulih.

Rumah-rumah yang terkena pusaran angin ribut sudah bisa ditempati kembali oleh pemilik. Saat Espos ke lokasi kejadian, kehidupan warga di dua dusun sudah kembali dan tidak terkesan baru saja tersapu angin ribut. Warga sudah beraktifitas seperti membersihkan rumput di jalan kampung, membersihkan gulma di pekarangan dekat rumah ataupun pergi ke toko terdekat untuk mencari kebutuhannya.

Tinggal kandang ternak milik Pardi, warga Dusun Joho, yang belum didirikan kembali. Pemulihan kembali kerusakan genting rumah warga itu dilakukan hanya dalam waktu sehari setelah kejadian. Kepala Desa Jatisrono, Mulyadi mengatakan sesaat setelah angin menghilang, warga bergotong royong untuk melakukan perbaikan rumah.

“Warga hidup guyub dan memasang kembali genting yang kabur akibat angin ribut. Genting-genting itu dipinjam dari tetangga. Prinsipnya rumah bisa ditempati kembali,” ujarnya.

Dia mengatakan Kamis siang semua genting rumah warga yang semula berserakan sudah diperbaiki dan rumah bisa ditempati kembali.
Kades baru Desa Jatisrono ini mengatakan genting itu hasil pinjaman dari tetangga terdekat. “Bagi warga yang tidak memiliki stok genteng, ya memanfaatkan genteng lama yang masih bisa dipakai. Jika ada bantuan dari pemerintah, bantuan itu akan dipergunakan untuk mengembalikan genteng tersebut.”

tus

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…