Rabu, 5 Mei 2010 11:55 WIB Tak Berkategori Share :

Tersangka teror bom mobil akhirnya mengaku

New York–Pria asal Pakistan, Faisal Shahzad akhirnya mengaku bertanggungjawab atas teror bom mobil di Times Square, New York, Sabtu (1/5) malam lalu.

Demikian ungkap pihak berwenang AS, Selasa (4/5). Faisal mengaku pernah berlatih merakit bom di suatu kamp teroris di Pakistan sebelum menjalankan misi yang gagal di New York akhir pekan lalu.

“Berdasarkan apa yang kita ketahui sejauh ini, terlihat jelas bahwa ini merupakan rencana seorang teroris untuk membunuh warga Amerika di salah satu tempat yang paling ramai di negeri ini,” kata Jaksa Agung, Eric Holder. Namun, Holder dan para pejabat terkait tidak menjelaskan rinci apakah Faisal bertindak sendirian atau bekerjasama dengan jaringan terorisme internasional.

Deputi Direktur Biro Penyelidik Federal (FBI), John Pistole, mengungkapkan bahwa Faisal menunjukkan kerjasama kepada petugas untuk memberi informasi selama penyelidikan berlangsung. Sebagai imbal balik, dia mendapat jaminan untuk menggunakan hak-haknya sebagai warga negara AS, seperti yang diatur Konstitusi, saat bermasalah dengan hukum.

Berdasarkan berkas gugatan yang dikirim ke pengadilan federal di Distrik Manhattan, New York, Faisal mengaku membeli mobil SUV itu dan memuatnya dengan bom rakitan. Mobil itu pun dia bawa ke Times Square.

Faisal pun mengaku menerima pelatihan merakit bom di suatu kamp teroris di Waziristan, Pakistan. Kawasan itu dikenal sebagai basis kekuatan milisi Taliban, yang bersekutu dengan jaringan teroris al-Qaeda.

Kepada penyelidik, dia pun mengaku bertanggungjawab seluruhnya atas upaya pengeboman itu. Namun pernyataan itu masih harus dibuktikan lebih lanjut.

vivanews/ tiw

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…