Rabu, 5 Mei 2010 20:19 WIB Pendidikan Share :

Nekat konvoi, STTB siswa akan ditahan

Solo (Espos)–Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Drs Rakhmat Sutomo MPd meminta pihak sekolah untuk bertindak tegas terhadap siswa yang nekat berkonvoi seusai pengumuman hasil kelulusan. Jika perlu, surat tanda tamat belajar (STTB) dapat ditahan oleh pihak sekolah.

Dia mengatakan, melakukan konvoi dan corat-coret baju seusai pengumuman hasil ujian bukan ciri pendidikan berkarakter. Untuk itu, sambung dia, pihak sekolah dapat bertindak tegas apabila sejumlah siswa melakukan konvoi dan aksi corat-coret. Dia mengatakan, sanksi berat yang diberikan kepada siswa dapat berupa penahanan STTB atau sanksi mendidik lainnya.

“Aksi tersebut bukan contoh yang baik, mengikuti ujian dan dinyatakan lulus merupakan hal yang wajar. Maka tidak perlu berlebihan mengekspresikannya,” jelas dia ketika dijumpai Espos Rabu (5/5).

Lebih lanjut dia menambahkan, laporan hasil pengumuman ujian nasional akan diberikan secara langsung kepada orangtua siswa. Jika pada saat pengumuman tersebut siswa hadir di sekolah, maka mereka harus datang dengan pakaian daerah. Dengan demikian hal tersebut dapat meminimalkan aksi corat-coret yang dilakukan siswa.

“Seragam SMP itu tetap akan dikenakan siswa pada saat orientasi ketika mereka kali pertama masuk SMA, sehingga aksi corat-coret itu dinilai tidak bermanfaat,” jelas dia.

Dia menegaskan pendidikan karakter akan mulai masuk kurikulum mulai tahun ajaran mendatang, terkait hal tersebut pihak sekolah dapat mempersiapkan pola pembiasaan pendidikan budi pekerti setiap kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dia mengatakan, penerapan pendidikan karakter itu bukan merupakan beban bagi siswa, namun jika hal itu dilaksanakan maka perilaku tersebut akan menjadi kebiasaan baik.

das

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…