Selasa, 4 Mei 2010 16:54 WIB Solo Share :

Soal kasus pedagang bermobil, Komisi III minta DPP tegas

Solo (Espos)--Komisi III DPRD Solo mengingatkan agar Dinas Pengelola Pasar (DPP) bertindak tegas dalam mengatasi permasalahan konflik antara pedagang Pasar Klewer dan Cinderamata dengan pedagang bermobil.

Kalangan legislatif berharap tidak terjadi benturan horizontal antarpedagang. Sekretaris Komisi III DPRD Umar Hasyim mengungkapkan, sesuai aturan Perda Perparkiran keberadaan pedagang bermobil sudah menyalahi aturan karena menggunakan lahan parkir untuk berdagang.

“Prinsip utamanya adalah pedagang yang satu jangan mematikan pedagang lainnya. Dua belah pihak harus duduk bersama agar tidak terjadi benturan,” papar Umar saat dihubungi, Selasa (4/5).

Selama ini, DPP dan Satpol PP memang telah bersikap tegas dengan melakukan penertiban pedagang bermobil. Namun, Umar menilai selama ini pedagang bermobil sering membandel. Sehingga, lanjut dia, dirinya bisa memahami langkah dari pedagang pasar yang nekat melakukan sweeping karena omzet penjualannya turun.

Dia menyatakan, keberadaan pedagang bermobil sudah cukup lama dan meresahkan pedagang pasar. Sebab, lanjut dia, barang yang dijual sama dengan pedagang pasar dan pada akhirnya omzet pedagang pasar menurun karena pembeli banyak yang memilih membeli di luar pasar.
“Kalau seperti ini terus kan malah mematikan pedagang lokal. Harusnya pedagang lokal Solo yang dilindungi karena sebagian besar pedagang bermobil itu kan dari luar. Jangan sampai mengorbankan pedagang lokal,” tegas politisi PAN ini.

dni

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…