Entertainment
Senin, 3 Mei 2010 - 20:06 WIB

Munculkan pelawak baru, Lomba Lawak Soloraya siap digeber

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Tak bisa dielak, wilayah Soloraya pernah menjadi pemasok pelawak-pelawak nasional. Maka untuk menggairahkan kembali spirit dunia lawak di Solo dan sekitarnya, Global Citra bersama stasiun radio Ria FM bakal menggelar Lomba Lawak Soloraya.

“Dengan adanya kompetisi ini, kami berharap bibit-bibit pelawak dari Soloraya kembali muncul,” jelas koordinator acara dan pemilik Global Citra, Tri Harjono saat dijumpai Espos, Senin (3/5), di kompleks TB Gramedia Solo.

Advertisement

Menurut Tri, pendaftaran peserta akan berlangsung sejak Sabtu (1/5)-Jumat (14/5) mendatang. Panitia membidik 30 kelompok peserta, dengan masing-masing kelompok maksimal empat orang. Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah mengikuti babak audisi yang bakal digelar Sabtu (15/5) mendatang.

“Dalam audisi itu, calon-calon pelawak akan diaudisi juri-juri dari pelawak senior dari Soloraya yang ahli di bidangnya. Kemudian mereka akan disaring delapan besar untuk maju ke grand final pada 21 Juni mendatang,” beber Tri.

Pria yang pernah menjadi asisten pelawak senior, almarhum S Bagyo tersebut mengatakan, generasi pelawak di Soloraya harus kembali di pupuk seiring banyak dimunculkannya tayangan komedi di media. Kota Solo dan sekitarnya juga diyakini masih memiliki potensi besar dalam bidang seni lawak.

Advertisement

“Kondisi seperti inilah sebagai titik balik pembuktian sekaligus mengeksplorasi seni budaya dagelan yang masih terpendam,” lanjut dia.
Jika pelawak-pelawak baru itu telah muncul ke permukaan, mereka diharapkan bisa membawa iklim lawak yang mengedapankan nilai kearifan. Antara lain, tidak mendiskreditkan kecacatan atau kekurangan seseorang atau bahkan melakukan kontak fisik secara berlebihan seperti yang lagi ngetren sekarang ini.


hkt

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Lawak Lomba
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif