Senin, 3 Mei 2010 17:04 WIB News Share :

Ledakan Duren Sawit dipastikan meteorit

Jakarta— Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memastikan bahwa ledakan Duren Sawit akibat meteorit. Benda antariksa itu menumbuk salah satu rumah warga yang datang dari arah Barat Daya.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan LAPAN, Senin (3/5), kesimpulan ini diperoleh setelah LAPAN berkoordinasi dengan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Kepala Pusat Sains Antariksa Lapan, Drs. Sri Kaloka Prabotosari menyatakan bahwa benda tersebut adalah meteorit. Hal tersebut juga dijelaskan Peneliti bidang astronomi Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin.

Thomas memaparkan, ada indikasi kuat yang mengarah pada tumbukan meteorit di Duren Sawit. Indikasi tersebut dilihat berdasarkan struktur kerusakan bangunan dan paparan panas di lokasi kejadian. “Paparan panas menunjukkan bahwa benda tersebut datang dengan kecepatan dan panas yang tinggi,” ujar Thomas.

Hingga saat ini, meteorit belum ditemukan karena banyaknya reruntuhan di lokasi kejadian. Meskipun demikian, menurut Thomas, Lapan dan Puslabfor tidak perlu menunggu ditemukannya benda tersebut untuk membuat kesimpulan akhir.

“Material yang menumbuk bukan sebagai kunci untuk menyimpulkan adanya tumbukan meteorit. Kesimpulan bisa diperoleh dengan melihat kerusakannya,” ujarnya lagi.

Kesimpulan akhir ini segera diambil agar masyarakat di sekitar jatuhnya meteor dapat kembali beraktivitas. Kedua lembaga ini mengimbau, bila ada masyarakat yang menemukan benda aneh, harap menghubungi kepolisian. “Nantinya, pihak kepolisian akan meneruskan penemuan tersebut kepada LAPAN,” kata Thomas.

Masyarakat tidak perlu khawatir pada meteorit itu. Menurut Thomas, hal ini disebabkan meteorit tidak mengandung racun dan bahan radioaktif, sehingga tidak berbahaya.

vivanews/rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…