Senin, 3 Mei 2010 11:24 WIB News Share :

Lapan dan polisi selidiki meteor Duren Sawit

Jakarta— Peneliti Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan bertemu dengan peneliti dari Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri, Senin (3/5). Pertemuan ini berkaitan dengan ledakan di Duren Sawit, Jakarta Timur, yang diduga akibat meteor jatuh.

Menurut peneliti utama Lapan, Thomas Djamaluddin, pertemuan ini penting karena polisi sudah mengantongi hasil penelitian debu meteor dari lokasi kejadian. “Kami akan mengevaluasi bersama,” kata Thomas. Bahkan, jika perlu, Lapan akan memeriksa ulang tempat jatuhnya meteor. “Mungkin dari situ bisa ditemukan bentuk meteor yang utuh.”

Menurut profesor riset astronomi dan astrofisika itu, kesimpulan tentang ledakan akibat benda langit yang jatuh didasari beberapa fakta. Salah satunya pola kerusakan dan pola pemanasan obyek. “Obyek yang jatuh saat itu berkecepatan sangat tinggi, mencapai 100 ribu kilometer per jam, dan temperaturnya di atas 100 derajat Celsius,” kata Thomas.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Edward Aritonang membenarkan soal rencana pertemuan itu. “Pertemuan ini untuk koordinasi. Kami perlu masukan dari Lapan,” katanya.
Hasil penelitian sementara menunjukkan bahwa benda yang jatuh di Duren Sawit itu memiliki kandungan yang mirip meteor. Namun polisi belum berani mengambil kesimpulan. Unsur kimia dalam benda misterius berbentuk debu pasir itu berupa zat besi, silikon, magnesium, dan unsur lainnya.

Berbeda dengan di Duren Sawit, di Malang polisi memastikan bahwa ledakan yang terjadi bukan karena benda langit yang jatuh. “Penyebabnya adalah gas bocor, bukan batu meteor,” kata Kasatreskrim Polresta Malang AKP Decky Hermansyah.

tempointeraktif/rif

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…