Senin, 3 Mei 2010 09:38 WIB News Share :

KY seleksi 26 calon hakim agung

Jakarta–Komisi Yudisial (KY) hari ini, Senin (3/5) memulai seleksi tahap kedua bagi 26 calon hakim agung. 26 Orang tersebut telah lolos dari tahap awal, yaitu seleksi administrasi.

Proses ini bakal diadakan selama lima hari, dari Senin hingga Jumat (3-7/5), di Gedung Komisi Yudisial. Dari situs www.komisiyudisial.go.id disebutkan, hari ini dilangsungkan tes tertulis berupa pemecahan masalah hukum. Para peserta akan mendapat soal kasus hukum yang harus dipecahkan.

Pada Selasa (4/5), calon hakim kembali diuji secara tertulis, namun kali ini tesnya berupa tes penilaian profil (profile assesment). Di tahap ini, Komisi bakal melihat alur berpikir, kebijakan berpikir, kepribadian, dan moralitas para calon.

Peserta seleksi lantas akan menghadapi wawancara psikologi di hari ketiga, Rabu (5/5). Adapun pada Kamis (6/5) dan Jumat (7/5), calon hakim menjalani tes wawancara mendalam mengenai karya ilmiahnya, serta mendapatkan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto.

Komisi lalu akan menentukan siapa di antara para peserta yang bisa lolos ke tahap ketiga. Di tahap ketiga ini, calon bakal diwawancarai oleh komisioner Komisi.

Rangkaian seleksi ini bertujuan mencari dua orang untuk menduduki kursi hakim agung di Mahkamah Agung yang kini kosong. Komisi harus menyerahkan enam nama calon hakim agung kepada Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat.

Selanjutnya uji kelayakan dan kepatutan untuk mendapatkan dua hakim agung bakal diadakan oleh Komisi Hukum.

tempointeraktif/ tiw

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…