Senin, 3 Mei 2010 11:36 WIB News,Kesehatan Share :

Kasus HIV/AIDS di Sumenep tinggi

Sumenep–Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mencatat dalam empat bulan terakhir ditemukan lima warga Sumenep positif tertular penyakit HIV/AIDS. Bahkan satu di antaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Sumenep Dzulkifli Mahmud, Senin (3/5) mengatakan mayoritas warga yang tertular adalah perempuan dengan usia 30 hingga 40 tahun.

Dzulkifli menjelaskan, saat terdeteksi kondisi kesehatan para penderita tergolong sudah parah. Mereka tidak menyadari sudah lama tertular HIV/AID. ”Mereka baru tahu setelah berobat di Puskesmas,” ujarnya.

Dia membantah pihaknya lamban mendeteksi para penderita HIV/AIDS tersebut. Menurutnya, para penderita kebanyakan tertular di luar wilayah Sumenep. Sebab mereka sebelumnya bekerja di perantauan, seperti di Jakarta.

Untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran penyakit HIV/AIDS di Sumenep, Dinas Kesehatan gencar melakukan konseling kepada para penderita dan keluarganya. Selain itu, mereka yang pernah berhubungan dengan penderita akan diperiksa kesehatannya.

Menurut Dzulkifli, kasus HIV/AIDS di Sumenep terbilang tinggi. Tahun 2009 lalu ditemukan sembilan penderita, semuanya perempuan. Enam di antaranya meninggal dunia.

tempointeraktif/ tiw

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…