Minggu, 2 Mei 2010 14:14 WIB News,Pendidikan Share :

Mendiknas
Jangan berkutat di UN saja

Jakarta--Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh, meminta kepada publik dan media massa jangan berkutat di permasalahan Ujian Nasional (UN) saja. Menurutnya, agenda pendidikan itu jauh lebih banyak dari UN.
Kalau masalah lulus atau tidak lulus ujian itu wajar.

“Jangan urek-urek di UN terus, Kalau masalah lulus atau tidak lulus ujian itu wajar,” ucapnya kepada pers seusai mengikuti acara Hardiknas, Minggu (02/05), di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta. Ia juga meminta publik untuk melihat kurva distribusi normal secara keseluruhan, jangan hanya melihat kegagalan yang terjadi di satu dua daerah.

Saat ditanyakan mengenai perbandingan pelaksanaan UN tahun ini dengan tahun sebelumnya, Nuh menjelaskan “Masih terlalu pagi untuk membandingkan UN sekarang dengan tahun 2009. Lagipula masih ada ujian susulan yang akan dilangsungkan pada 10-14 Mei nanti, kita lihat hasil evaluasinya setelah rangkaian ujian susulan sudah selesai semua,” ucapnya.

Ia menerangkan UN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena tahun lalu ujian hanya berlangsung sekali dan langsung final, sementara tahun ini diberikan kesempatan untuk mengulang. “Kini saatnya kita untuk memberikan semangat bagi siswa. Masih ada harapan. Dan tentunya apresiasi juga diberikan untuk guru dan pihak terkait yang melangsungkan UN ini,” ujarnya.

Di tahun ini, terdapat 154.079 siswa yang harus mengulang ujian nasional karena tak lulus pada ujian yang dilaksanakan pada 22-26 Maret lalu. Ujian ulangan akan dilangsungkan pada 10-14 Mei mendatang. Hingga kini tercatat, tingkat kelulusan peserta ujian nasional tingkat sekolah menengah atas dan sederajat tahun ini mencapai 89,88 persen, turun 3,86 persen dibanding tahun lalu, sebesar 93,74 persen.

kompas.com

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…