Minggu, 2 Mei 2010 20:31 WIB Solo Share :

Legislatif ingatkan soal Fasum dan Fasos di apartemen

Solo (Espos)–Kalangan legislatif mengingatkan perlu adanya fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas sosial (Fasos) yang harus dibangun oleh pengembang saat mendirikan apartemen.

“Dalam pandangan umum atas LKPj Walikota, fraksi kami telah mengingatkan masalah itu yaitu menghibahkan Fasum dan Fasos seperti tempat permakaman umum, sekolah dan tempat ibadah karena masalah itu telah diatur dalam PP. Itu wajib,” ungkap anggota DPRD Solo Reny Widyawati, Minggu (2/5).

Dia menyatakan, adanya hibah Fasum dan Fasos ke Pemkot itu penting agar tidak membebani masyarakat dengan bertambahnya penduduk. “Bertambah penduduknya tapi memiliki dampak sosial. Apalagi tidak ada imbal baliknya bagi masyarakat. Ini yang harus diperhatikan,” kata Reny yang berasal dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Mengenai adanya gugatan terhadap bangunan tinggi, dia menilai harus ada penjelasan kepada konsumen agar konsumen tidak panik. Reny juga mendukung adanya Perda Cagar Budaya untuk mengatur tentang benda cagar budaya di Solo.

Sementara itu, Ketua DPRD Solo YF Sukasno mengingatkan, yang perlu diperhatikan dalam pembangunan apartemen adalah juga harus dipikirkan mengenai rekayasa lalu lintas dan parkir. Sebab, jika tidak dipikirkan soal itu maka bisa meimbulkan kemacetan lalu lintas.

Tidak hanya itu saja, Sukasno menyatakan, soal drainase juga harus menjadi perhatian karena pembangunan apartemen akan menambah beban drainase. “Makanya kami ingatkan agar melakukan koordinasi dengan dinas-dinas terkait. Kalau rekayasa lalu lintas maka dengan DLLAJ karena beban lalu lintas bisa bertambah,” kata Sukasno.

dni

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…