News
Minggu, 2 Mei 2010 - 11:18 WIB

Anggaran diklat anggota DPRD melonjak 6,5 kali

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banyuwangi–Anggaran peningkatan kapasitas 50 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi tahun 2010 ini mencapai Rp 9,12 miliar. Anggaran tersebut naik 6,5 kali lipat dibandingkan tahun 2009  lalu yakni Rp 1,4 miliar.

Dalam dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banyuwangi Tahun 2010, pos rekening peningkatan kapasitas tersebut terdiri atas program peningkatan kapasitas lembaga perwakilan rakyat daerah senilai Rp 6 miliar dan pos peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD senilai Rp 3,12 miliar. Tidak jelas, apa yang membedakan dua pos rekening tersebut.

Advertisement

Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Joni Subagyo tidak tahu persis dengan anggaran tersebut. Menurut dia, selama ini kegiatan peningkatan kapasitas berupa pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas anggota dewan terutama dalam bidang legislasi dan anggaran.

Namun, Joni mengaku tidak bisa menyebutkan berapa kali pendidikan dan pelatihan yang akan digelar. “Ya, nanti akan direncanakan melalui Badan Musyawarah,” kata dia, Minggu (2/5).

Menurut Joni, kenaikan anggaran peningkatan kapasitas hingga Rp 9,12 miliar dianggap wajar karena sesuai kebutuhan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. “Kebutuhan tahun ini kan tentunya berbeda dengan tahun lalu,” ujar dia.

Advertisement

Pendidikan dan pelatihan pertama anggota dean mengenai legislasi dan anggaran digelar Sabtu hingga Minggu  (1-2/5) di Hotel Ina Garuda, Yogyakarta. Menurut Joni, Yogyakarta dipilih untuk lebih menghemat karena empat narasumber dari unsur DPR dan Departemen Dalam Negeri berdomisili di Jakarta dan Yogyakarta.

Anggota Divisi Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Jawa Timur, Mashudi mengatakan besarnya anggaran untuk peningkatan kapasitas belum tentu sebanding dengan output yang dihasilkan oleh anggota dewan. Misalnya, produktivitas peraturan daerah inisiatif DPRD atau tingkat kontrol DPRD terhadap dokumen anggaran.

tempointeraktif/ tiw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Anggaran DPRD
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif