metrotvnews.com
Sabtu, 1 Mei 2010 18:22 WIB News Share :

Lapan belum temukan sampel meteorit di lokasi ledakan

Jakarta— Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) sudah mengambil data-data perhitungan jatuhnya benda luar angkasa pada Kamis sore di Duren Sawit.

Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan pengambilan data dilakukan dua sesi. Data itu akan segera diolah menjadi rekaan skenario jatuhnya meteor.

Thomas mengaku pengambilan data kemarin belum final seluruhnya. Data pertama diambil pukul 16.00 WIB sampai menjelang maghrib dan lalu disusul pengambilan tahap kedua pada pukul 20.00 WIB kurang lebih selama setengah jam.

“Kami baru bisa melihat kondisi dan menyusun bagaimana skenario jatuhnya meteor itu,” kata Thomas, Sabtu (1/5). Lapan kemarin juga sempat mencari sampel tapi belum ditemukan.

Dugaan sementara bahwa sebagian sisa meteor yang jatuh (sampel) masih ada di bagian atas rumah belakang, tepat di mana tembok belakang rumah meteor itu runtuh. Namun pencarian tidak dapat dilanjutkan karena kondisi waktu yang sudah terlalu malam dan atap rumah yang diduga rapuh. Pasalnya menurut warga sekitar memang rumah belakang itu sudah dua tahun tidak ditinggali.

Thomas pun memutuskan kemungkinan akan kembali lagi untuk mengambil sampel dalam waktu dekat. “Kami harap secepatnya, besok atau lusa sudah bisa kembali lagi ke lokasi,” kata dia.

Untuk sementara, karena belum mendapatkan sampel, Lapan akan bekerjasama dengan kepolisian yang disebut sudah mengambil beberapa sampel. Thomas sendiri mengaku belum melihat langsung sampel yang telah diambil oleh kepolisian. “Melihat lokasi, indikasi kuat memang itu meteorit, tapi ciri secara fisik belum sempat kami temukan,” katanya.

vivanews/rif

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…