Jumat, 30 April 2010 12:59 WIB Ekonomi Share :

Tahun ini, banyak bank buka lowongan

Jakarta— Lembaga survei perbankan PricewaterhouseCoopers menyatakan lebih dari tiga perempat bank di Indonesia akan menambah tenaga kerja selama 12 bulan ke depan. Namun perbankan tengah mengalami masalah berat soal ini.

Pasalnya, saat ini jumlah mahasiswa yang berasal dari bidang keuangan sangat sedikit. Angkatan kerja baru lebih memilih menekuni pendidikan alternatif dengan harapan dapat memasuki industri yang lebih stabil.

Demikian salah satu ringkasan dari PricewaterhouseCoopers Indonesia Banking Survey 2010 yang dilakukan terhadap para spesialis bank dari perbankan BUMN, swasta baik lokal, daerah, maupun asing yang diterima Jumat (30/4).

PricewaterhouseCoopers menyatakan 76 persen responden yakin akan terjadi pertumbuhan dua kali lipat pada operasional bank mereka. Pertumbuhan organik akan menjadi strategi dalam pencapaian ini.

Para responden mempercayai kondisi perbankan dan sistem keuangan yang lebih kuat. Krisis 1990an telah membuat Indonesia melewati krisis keuangan global dan memberikan landasan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa sektor pertambangan, pertanian, dan telekomunikasi akan terus memperkuat pertumbuhan kredit.

Sementara itu, lebih dari separuh responden mempunyai pandangan yang sama mengenai hambatan-hambatan utama untuk pertumbuhan perbankan tahun ini. Seperti persaingan yang semakin ketat, kondisi ekonomi yang tidak dapat ditebak, dan kelangkaan sumber daya manusia.

vivanews/rif

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…