Jumat, 30 April 2010 12:48 WIB News Share :

Foke tegaskan takkan gusur makam Mbah Priok

Jakarta— Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke) kembali menegaskan di hadapan para alim ulama, habaib dan warga masyarakat Koja bahwa tidak pernah ada rencana penggusuran terhadap makam Mbah Priok. Penggusuran hanya dilakukan di bangunan-bangunan di sekitar makam saja.

“Sekali lagi saya menegaskan tidak pernah keluar satu pun pernyataan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan menggusur makam, kita sangat menghormati keberadaan makam. Kita juga tidak ingin warga terganggu ibadahnya,” ujar Fauzi Bowo di pendopo makam saat menyambangi makam Mbah Priok di Koja, Jakarta Utara  dalam pertemuan yang dinamakan “Bersih-bersih”, Jumat (30/4).

Acara ini juga dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Wahyono, Pangdam Jaya Mayjen TNI Darpito Pudyastungkoro, Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiono, serta perwakilan dari ahli waris, alim ulama, dan masyarakat.

Fauzi Bowo yang hadir menggunakan kaos putih berkerah merah ini mengatakan kejadian di Koja telah membuat citra Indonesia, khususnya Jakarta, menjadi tercoreng.

“Kita tentu ingin persatuan dan kesatuan terjalin di Indonesia, begitu juga dengan di Ibukota. Tidak ada masyarakat yang menginginkan tragedi kemarin. Semoga dengan adanya silaturahmi hari ini, kita bisa lebih baik dan tidak ada lagi kejadian-kejadian seperti kemarin,” kata dia.

Kapolda Metro Jaya juga menambahkan bahwa kegiatan hari ini adalah upaya untuk menyembuhkan trauma yang dialami masyarakat atas kejadian bentrokan.

“Kalau kemarin itu luka, maka sampai sekarang itu belum sembuh. Dan kita berharap adanya kegiatan dari ini, bersih-bersih ini mempercepat penyembuhan luka itu. Kita sedang dalam tahap recovery,” ujar Wahyono.

Tragedi Priok terjadi 14 April lalu menewaskan 3 anggota Satpol PP.

dtc/rif

LOWONGAN PEKERJAAN
Editor Biologi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…