News
Jumat, 30 April 2010 - 20:53 WIB

Besok, naskah UASBN tiba

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo akan memberlakukan proses seleksi hasil ujian melalui scan online yang secara langsung dapat terpantau di tingkat provinsi.

Kepala Disdikpora Kota Solo, Rakhmat Sutomo mengatakan berbeda dengan proses penyelenggaraan seleksi hasil ujian tahun lalu, meskipun telah melakukan proses scanning tetapi hal tersebut belum terkoneksi secara online. Dia mengatakan, dengan proses tersebut data yang telah dihimpun petugas dapat dipantau secara langsung di panitia penyelenggaraan ujian di tingkat provinsi. Terkait itu, pihaknya telah mempersiapkan petugas untuk melakukan proses scanning.
“Petugas telah siap dan tidak ada kendala sejauh ini,” papar dia ketika dijumpai Espos di kantornya, Jumat (30/4).

Advertisement

Lebih lanjut, dia menambahkan secara keseluruhaan proses pelaksanaan ujian tidak berbeda dengan tahun lalu, misalnya jenis naskah soal tidak diberlakukan secara berbeda alias satu jenis soal. Sementara itu untuk proses pengawas ujian, pihaknya memberlakukan secara silang sehingga pelaksanaan ujian dapat dilakukan secara obyektif.

“Hasil ujian diharapkan sesuai dengan kemampuan siswa sehingga pengawas itu dapat optimal dan obyektif,” paparnya. Dia menambahkan, naskah soal UASBN akan diterima panitia kota maksimal dua hingga tiga hari sebelum pelaksanaan ujian, sehingga panitia dapat melakukan pengecekan apakah lembar soal telah terpenuhi atau belum. Lebih lanjut, untuk pengawalan naskah pihaknya akan melibatkan aparat kepolisian dan memperketat penjagaan tempat transit naskah maupun penyimpanannya.

“Pengamanan naskah seperti penyelenggaraan ujian pada umumnya, kami melibatkan aparat kepolisian,” jelas dia.
Kendati tidak menargetkan tingkat kelulusan siswa, Rakhmat menegaskan siswa maupun pengawas untuk mengutamakan fakta integritas kejujuran. Dengan demikian, kualitas dan kompetensi siswa secara langsung dapat terpantau. Lebih lanjut dia menambahkan, pihak sekolah diminta memberikan kelonggaran bagi siswa yang belum menyelesaikan biaya sekolah. “Yang penting semua pihak jujur dalam proses ini,” jelas dia.

Advertisement

das

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : UASBN Ujian
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif