Kamis, 29 April 2010 18:52 WIB News Share :

Proyek tol Semarang-Batang dikhawatirkan molor

Batang— Pelaksanaan proyek pembangunan tol Semarang-Batang, Jawa Tengah yang semula direncanakan mulai Desember 2010 kemungkinan molor waktunya karena dana Pemerintah Pusat untuk pembayaran ganti rugi tanah milik warga hingga saat ini belum turun.

“Sudah empat bulan terakhir ini dana dari Pemerintah Pusat belum turun dan seharusnya untuk seksi pertama di Batang berakhir Desember 2010 ini,” kata Ketua Tim Pengadaan Tanah (TPT) Tol Semarang-Batang, Suprayitno, di Batang, Kamis (29/4).

Ia mengatakan, relatif banyak warga yang tanahnya terkena proyek itu menanyakan waktu pembayaran ganti rugi. “Ketika ditanya seperti itu kami tidak bisa berbuat apa-apa karena dana ganti rugi belum ada,” katanya.

Pihaknya sudah menanyakan masalah tersebut ke Jakarta tetapi belum ada jawaban secara pasti. “Jika pembayaran ganti rugi tanah milik warga tersendat, kami perkirakan proyek jalan tol Semarang-Batang akan molor,” katanya.

Ia mengatakan, sebagian pembayaran ganti rugi tanah pada sesi pertama di Kabupaten Batang sudah dilaksanakan antara lain di Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman.

“Sedikitnya 3.000 meter persegi tanah milik warga sudah kami bayar lunas. Namun sebagian lagi belum dapat dilunasi sehingga banyak warga yang menanyakan kapan proses ganti rugi tanah dilaksanakan lagi,” katanya.

Meskipun proses pembayaran ganti rugi tanah tersendat, katanya, TPT telah sosialisasi proyek itu pada seksi kedua di Kecamatan Tulis yang meliputi Desa Karanggeneng, Ponowareng, Kenconorejo, dan Kedungsegog.

“Intinya semua warga di desa itu sudah menyetujui tanahnya untuk proyek jalan tol Semarang-Batang. Saat ini kami masih menunggu pencairan dana dari pusat,” katanya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…