Kamis, 29 April 2010 19:49 WIB Klaten Share :

Layani wisatawan, PG Gondang Baru siap luncurkan kereta uap Gendismanis

Klaten (Espos)--Pabrik Gula (PG) Gondang Baru, Klaten bersiap meluncurkan kereta uap Gendismanis Gondangwinangun guna melayani wisatawan yang ingin mengunjungi warisan cagar budaya ini.

Administratur PG Gondang Baru, Hanung Tri Hutomo kepada <I>Espos<I>, Kamis (29/4), mengungkapkan kereta uap Gendismanis Gondangwinangun itu rencananya akan diluncurkan pada saat upacara Tebu Temanten yang akan digelar pada tanggal 15 Mei mendatang.

Menurutnya, diluncurkannya kereta uap Gendismanis Gondangwinangun itu akan menambah sarana wisata yang sebelumnya ditawarkan antara lain Museum Gula, taman bermain, rest area, bangunan bersejarah, dan lain-lain. “Melaui kereta uap ini, wisatawan nanti bisa mengelilingi komplek PG Gondang Baru untuk melihat langsung bagaimana proses produksi tebu dengan menggunakan peralatan kuno, mengamati jenis bangunan kuno, melihat koleksi di dalam Museum Gula, dan lain-lain,” ujar Hanung.

Hanung menjelaskan, pada masa kejayaan PG Gondang Baru, kereta uap bermerek Orenstein & Koppel ini biasa digunakan untuk mengangkut tebu dari sejumlah kebun menuju pabrik. Kereta uap buatan Berlin, Jerman pada 1931 itu sempat mangkrak karena alat pengangkut tebu sudah bergeser ke jenis angkutan truk. Dia menceritakan, upaya perbaikan kereta uap itu sudah dimulai pada bulan November 2009 lalu. Hingga kini, kereta itu mempunyai satu unit gerbong berukuran besar dan tiga unit gerbong berukuran kecil.

“Satu gerbong yang besar mampu mengangkut sebanyak 20 orang. Sementara satu gerbong kecil bisa mengangkut sebanyak 12 orang,” papar dia.

mkd

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…