Rabu, 28 April 2010 18:05 WIB Wonogiri Share :

Tunggu pengumuman UN, siswa MTsN Purwantoro bersih-bersih terminal

Wonogiri (Espos)--Hasil ujian nasional (UN) SMP/MTs baru akan diumumkan Jumat (7/5) mendatang. Berbagai kegiatan dilakukan sekolah untuk mengisi waktu selama menunggu pengumuman tersebut.
Salah satunya yang cukup unik dilakukan para siswa MTS Negeri Purwantoro, Rabu (28/4) pagi. Bersama-sama guru, pegawai sekolah dan siswa Madrasah Aliyah (MA) setempat, para siswa tersebut melakukan kerja bakti membersihkan Terminal Bus Purwantoro yang terletak tak jauh dari gedung sekolah mereka.

Kepala MTs Negeri Purwantoro, Giman, kepada wartawan mengungkapkan, selain untuk mendukung Purwantoro bersih mengingat Purwantoro merupakan pintu gerbang Wonogiri bagian timur, kegiatan tersebut juga untuk memberikan pembelajaran kepada para siswa mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar selalu bersih.

“Kegiatan ini sifatnya simultan, tapi kalau dipandang bermanfaat mungkin bisa dijadikan agenda rutin. Tadi  pesertanya sekitar 250 orang, terdiri atas siswa, guru dan pegawai. Tujuannya ya supaya siswa khususnya kelas XII yang tinggal menunggu hasil UN tidak keluyuran tanpa tujuan jelas,” katanya.

Kegiatan bakti sosial seperti yang dilakukan kemarin, kata Giman, tidak hanya akan berhenti di terminal bus. Menurut rencana bakti sosial itu akan dilanjutkan di terminal Pasar Purwantoro, Kamis (29/4) ini.
Kondisi terminal pasar itu tidak kalah kumuh dan kotornya dibandingkan Terminal Bus Purwantoro. Untuk itu, Giman mengatakan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kelompok-kelompok usaha di lingkungan itu, termasuk para sopir angkutan dan komunitas lain.

“Selain membersihkan sampah dan mengangkut bahan-bahan material yang membuat kumuh, kerja bakti tadi juga termasuk menutup jalan yang berlubang,” jelas Giman.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Wonogiri asal Purwantoro, Catur Winarko mengatakan, apa yang dilakukan para siswa MTsN tersebut bisa menjadi teladan bagi masyarakat lainnya dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Selama ini lingkungan terminal dan juga pasar selalu terkesan kotor dan kumuh. Karena itu, dengan bakti sosial  bersih-bersih ini diharapkan bisa membuat warga dan pengunjung yang datang ke Purwantoro merasa nyaman,” katanya.

shs

LOWONGAN PEKERJAAN
QUALITY CONTROL & ADMIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…