Rabu, 28 April 2010 15:14 WIB Internasional Share :

Malaysia luncurkan kereta khusus perempuan

Kuala Lumpur–Malaysia meluncurkan kereta pink khusus perempuan demi mencegah pelecehan seksual dan memberikan pilihan bagi perempuan muslim untuk bepergian terpisah dari pria.

Malaysian Railway menawarkan layanan khusus itu pada sebuah rute antara Kuala Lumpur dan kota pelabuhan Klang. Rencananya dalam waktu dua pekan layananan tersebut juga akan diperluas ke rute lainnya.

Hal tersebut diungkapkan General Manajer Malaysian Railway, Hider Mohamad Yusof kepada AFP, Rabu (28/4). “Kami dapat meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penumpang perempuan dengan pelaksanaan layanan ini dan pada saat yang sama mencegah pelecehan seksual,” kata Hider.

“Kami bangsa multiras dan mayoritas penduduk adalah Muslim. Jadi, inisiatif ini juga memberikan opsi bagi perempuan Muslim untuk dipisahkan dari para pria saat bepergian,” lanjutnya.
Ia menambahkan hal tersebut bukan kebijakan wajib karena perempuan masih diperbolehkan untuk bepergian dengan kereta lain.

kompas.com/ tiw

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…