News
Rabu, 28 April 2010 - 18:21 WIB

2011, utang RI melonjak jadi Rp 1.878 Triliun

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Utang Indonesia pada 2011 mendatang diperkirakan semakin membengkak secara nominal. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dalam jumlah nominal, utang Indonesia diperkirakan mencapai Rp 1.878 triliun atau meningkat dibandingkan posisi awal tahun ini yang hanya pada kisaran Rp 1.600 triliun.

Meski meningkat, rasio utang Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) semakin menurun. Jumlah utang meningkat seiring kegiatan ekonomi yang terus tumbuh dan PDB yang terus berlipat.

Advertisement

“Pada 2011 utang RI, rasionya terhadap PDB semakin mengecil hanya 26,7 persen PDB. Turun dari tahun ini yang sudah sekitar 30 persen PDB,” kata Sri Mulyani dalam pemberian arahan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas), di Jakarta, Rabu (28/4).

Sri Mulyani bercerita tentang kondisi ekonomi Indonesia yang tumbuh semakin baik. Meski demikian, pemerintah terus waspada terhadap perkembangan ekonomi global, seperti isu krisis di Yunani, yang dalam pekan terakhir menunjukkan pemburukan. “Kita dari sisi sentimen negataif akan terpengaruh,” kata dia.

Namun memprediksi ke depan, pemerintah tetap optimistis kegiatan perekonomian nasional berjalan dengan baik. Ini terlihat dari asumsi makro nasional yang optimistis dibandingkan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 yang sudah ditentukan.

Advertisement

Asumsi indikator makro 2011 dengan pertumbuhan ekonomi 6,3 persen naik dibandingkan RPJMN tahun ini yang hanya 6,2 persen, tingkat inflasi 5,9 persen, nilai tukar rupiah Rp 9.750 per dolar AS, dan asumsi harga minyak US$ 83 per barel.

vivanews/rif

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : 2011 Utang RI Rp 1.878 T
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif