Selasa, 27 April 2010 17:30 WIB News Share :

Biaya naik haji tahun 2010 kemungkinan tidak naik

Jakarta--Ongkos Naik Haji (ONH) tahun 2010 kemungkinan besar tidak akan naik. Pemerintah bersama DPR sedang membahas upaya efisiensi anggaran untuk menekan ONH tahun ini.

“Kalau sekarang kan kurs dolar turun, jadi kemungkinan besar tidak naik. Kalau bisa malah turun,” kata Ketua Komisi VIII DPR Abdul Kadir Karding kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/4/2010).

Menurut Kadir, saat ini Komisi VIII sedang mengamati proposal yang diajukan pemerintah. Sekalipun ada bagian biaya dinaikan, masih ada beberapa pembiayaan yang bisa di efisienkan.

“Kita sedang melihat mana yang bisa ditekan. Sedang kita bahas bersama pemerintah melalui Komisi VIII. Pokoknya kita janjikan tidak akan naik,” terang Karding.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengaku sedang menimang biaya ONH. Surya juga menyampaikan perihal upaya kementeriannya yang sedang menyusun rincian anggaran Haji tahun ini.

“Kita belum mendapat informasi menyeluruh tentang komponen biaya ibadah Haji terutama soal pesawat. Kalau diasumsikan biaya penerbangan tetap, maka ada kenaikan sedikit 133 USD,” terang Suryadharma.

Namun demikian, dengan optimalisasi di sektor yang lain, diharapkan kenaikan dapat ditekan dengan menurunkan biaya sektor lain. “Kita optimalisasi, semoga bisa tetap atau malah turun. Yang penting jangan turun, lalu pelayanannya juga turun,” tutupnya

dtc/tya

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…