Selasa, 27 April 2010 11:07 WIB Internasional Share :

17 Tahun buron, bos mafia akhirnya tertangkap

Roma–Kepolisian Italia berhasil menangkap seorang bos mafia yang telah buron selama 17 tahun. Dia termasuk satu dari 30 buronan paling berbahaya di Italia. Demikian diberitakan kantor berita Italia, ANSA dan dilansir AFP, Selasa (27/4).

Kepolisian di Italia selatan menangkap Giovanni Tegano pada Senin, 26 (/4) larut malam waktu setempat. Pria berumur 70 tahun itu telah divonis penjara seumur hidup secara in absentia atas dakwaan pembunuhan dan asosiasi mafia.

Menteri Dalam Negeri Italia Roberto Maroni menyambut gembira penangkapan itu. Dikatakannya, ini pukulan paling keras yang dialami ‘Ndrangheta, mafia yang dianggap sebagai paling berkuasa dan keji dari empat sindikat kejahatan terorganisir yang beroperasi di Talia.

Tegano disebut-sebut sebagai bos klan ‘Ndrina yang memimpin ‘Ndrangheta. Menurut hasil studi sosial Italia, Eurispes, pendapatan ‘Ndrangheta dari peredaran narkoba dan senjata, serta prostitusi dan pemerasan pada tahun 2007 mencapai 44 miliar euro, atau setara dengan 2,9 persen produk domestik bruto Italia.

dtc/ tiw

LOWONGAN PEKERJAAN
PT. SEMBADA AGUNG PRATAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…