Senin, 26 April 2010 17:19 WIB News Share :

Robot pemadam api sabet emas di kompetisi internasional

Bandung–Tim Robot Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung berhasil meraih gelar tertinggi dalam  lomba Robogames 2010 di San Mateo County Event Center, Amerika Serikat pada 24-25 April. Tim yang diawaki Yusrila Y. Kerlooza dan Rodi Hartono itu menyabet medali emas untuk kali kedua. Mereka mengulang kesuksesan tahun lalu dengan robot pemadam api yang sama.

Robogames adalah kompetisi berskala internasional tahunan yang menguji keandalan robot-robot pemadam api dalam beberapa kategori. Tahun ini, kompetisi yang sudah berjalan tujuh tahun itu diikuti 14 peserta. “Dari Indonesia hanya diwakili Unikom,” kata Rektor Unikom Eddy Soeryanto Soegoto, Senin (26/4).

Tim robot Unikom yang menggunakan robot DU-114, unggul di kategori open fire fighting autonomous robot. Tantangannya mencari sumber api yang dipasang acak di kotak labirin dan memadamkannya dengan semprotan air. Robot itu bergerak sendiri sesuai program dan sensor tanpa dikendalikan orang.
tempointeraktif/ tiw

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…