News
Senin, 26 April 2010 - 14:29 WIB

Ekspor Indonesia ditargetkan capai Rp 1.800 miliar

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - blogspot.com

Jakarta–Nilai ekspor Indonesia ke pasar dunia ditargetkan mencapai US$ 200 miliar atau sekitar Rp 1.800 triliun dalam kurun waktu lima tahun. Nilai ekspor itu bisa dicapai antara lain dengan peningakatan daya saing produk ekspor dan penghapusan biaya tinggi ekonomi.

“Sudah sesuai rencana pemerintah,” kata Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu dalam rapat kerja dengan Komisi Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah, dan Investasi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Senin (26/4).

Advertisement

Pangsa pasar ekspor Indonesia sudah mencapai 1 persen. Saat ini nilai ekspor Indonesia ke pasar dunia sudah mencapai US$ 120 miliar. Padahal pada 2008 saja dengan kinerja ekpor dalam keadaan baik, pangsa pasar ekspor hanya 0,9 persen.

Pangsa pasar ekspor yang sudah mencapai 1 persen tersebut harus bisa ditingkatkan lantaran pangsa ekspor Cina saja sudah mencapai 8 persen hingga 9 persen.

Anggota Komisi, Atte Sugandi, optimistis target itu bisa tercapai. Dia mengatakan, target itu bisa dicapai jika pertumbuhan ekspor 15 persen per tahun. “Jika pemerintah bisa manfaatkan perjanjian perdagangan bebaa yang sudah disepakati,” ujar dia.

Advertisement


tempointeraktif/ tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Perekonomian Indonesia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif