Minggu, 25 April 2010 18:08 WIB Pilkada,Solo Share :

KPU
Partisipasi pemilih diharapkan 75%

Solo (Espos)--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada Solo, Senin (26/4) ini, bisa mencapai 75%.
“Pada Pilpres lalu sekitar 72%. Kami berharap bisa sekitar 75%. Tentu kami berharap masyarakat berbondong-bondong ke tempat pemungutan suara (TPS), besok (hari ini-<I>red<I>),” ungkap Ketua KPU Solo, Didik Wahyudiono kepada wartawan di Kantor KPU Solo, Minggu (25/4).

Dia menyatakan, selama satu pekan terakhir menjelang Pilkada, pihaknya memang fokus agar partisipasi masyarakat bisa tinggi. Selain melakukan sosialisasi, Desk Pilkada juga melayangkan surat ke bupati se-Soloraya agar memberikan kesempatan bagi warga Solo untuk menggunakan hak pilihnya.

KPU menegaskan, hingga H-1 persiapan pelaksanaan pencoblosan sudah matang. Semua logistik telah dikirim ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Minggu kemarin logistik telah sampai ke Kolompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). “Logistik semua sudah di lapangan dan sejauh ini berjalan lancar,” lanjut Didik.

Mengenai perubahan aturan mengenai hak pilih, Didik menyatakan, masyarakat yang tidak tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT), namun tercatat pada DP4 dan atau DPS dan atau DPSHP masih bisa menggunakan hak pilihnya. Dia menyatakan, masyarakat bisa mendapatkan undangan atau formulir C6 agar bisa menggunakan hak pilihnya.

Namun, Didik menegaskan, saat pemungutan suara, yang akan diutamakan adalah warga yang tercatat dalam DPT. Sehingga, lanjut dia, warga yang menggunakan hak pilihnya di luar DPT diberi kesempatan pada jam-jam terakhir sebelum TPS ditutup. Dia menjamin, warga yang ingin menggunakan hak pilihnya masih bisa mengurus formulir C6 pada hari H pelaksanaan Pilkada.

“TPS mulai buka pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Tentu untuk awalnya kami mengakomodasi yang DPT. Total DPT ada 393.703 orang, nanti untuk yang itu (di luar DPT-red) di waktu-waktu terakhir. Masih memungkinkan dan kami perkirakan jumlahnya juga tidak terlalu banyak,” ungkap Didik.

dni

lowongan pekerjaan
PT. DISTRIVERSA BUANAMAS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….