Minggu, 25 April 2010 20:15 WIB Sragen Share :

DPD
Fraksi bisa usulkan nama Ketua Dewan

Sragen (Espos)--Wakil Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jateng Bimo Putranto menyatakan usulan nama Ketua DPRD bisa dilakukan Fraksi PDIP, karena status DPC PDIP Sragen demisioner.
Bimo menekankan dalam pengajuan surat pemberhentian Ketua Dewan mestinya disertakan usulan calon pengganti Ketua Dewan, sehingga pengajuannya tidak sepotong-sepotong.

“Kendati DPC dalam status demisioner, kan masih ada fraksi sebagai tangan panjang partai. Lagipula DPP (Dewan Pimpinan Pusat–<I>red<I>) memberikan rekomendasi nama jauh hari. Rekomendasi DPP yang menyebut nama Sugiyamto sebagai pengganti Ketua Dewan harus ditindaklanjuti fraksi,” tegas Wakil Ketua Bidang Pemuda dan Mahasiswa DPD PDIP Jateng saat dihubungi Espos, Minggu (25/4).

Menurut Bimo, letak permasalahan di Sragen ini pada pimpinan fraksi yang tidak langsung mengirimkan nama pengganti dalam pengajuan surat pengunduran diri Ketua Dewan. ”Status DPC masih menunggu keputusan DPP. Hingga sekarang belum ada intruksi DPP. <I>Caretaker<I> yang terbentuk pascakonfercab (konferensi cabang–<I>red<I>) tidak berfungsi lagi, karena permasalahan itu diserahkan ke DPP,” tandas Bimo.

Ketua FPDIP Sutrisno belum bisa memberikan keterangan tentang pendapat mantan Pimpinan Sidang Konfercab itu, karena saat dihubungi telepon selulernya tidak diangkat. Sebelumnya Sutrisno mendesak kepada Pimpinan Dewan (Pimwan) segera mengirimkan surat ke DPC tentang usulan nama Ketua Dewan. Menurut dia, usulan pergantian Ketua Dewan bakal dikonsultasikan ke DPD.

Terpisah, kandidat Ketua DPC PDIP Sragen, Bambang Samekto meluruskan klaim pihak tertentu tentang keberpihakan DPP dalam memutuskan polemik di DPC. Semua persoalan DPC, imbuhnya, diserahkan ke DPP.

”Tidak benar DPP sekarang berpihak kepada saya. Kita memaklumi kesibukan DPP pascakongres. Sampai saat ini saya belum tahu keputusan DPP mengenai Sragen. Saya mengajak seluruh kader, mari bersama-sama menjaga kondusifitas demi kepentingan partai ke depan! Menjujung tinggi dan menghormati keputusan DPP partai. PDIP Sragen merupakan satu keluarga besar,” tambahnya.

trh

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…