Sabtu, 24 April 2010 12:00 WIB News Share :

Bibit-Chandra siap ke pengadilan

Jakarta–Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bibit Samad Rianto dan Chandra Hamzah siap maju ke pengadilan, asalkan bukti-bukti yang dimilki Kejaksaan cukup kuat.

“Tapi buktinya tidak kuat,” kata Alexander Lay, kuasa hukum Bibit-Chandra pada diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (24/4).

Menurut Alex, selama ini Kejaksaan selalu ngotot mengatakan kalau Bibit dan Chandra bersalah. Namun beberapa kalangan menyatakan bukti-bukti yang dimiliki Kejaksaan cukup lemah untuk mempidanakan Bibit-Chandra. “Kalau mau dibawa ke pengadilan harus punya bukti yang cukup,” ujarnya.

Kalau Bibit dan Chandra ke pengadilan, lanjut Alex, artinya keduanya tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai pimpinan KPK dengan lancar. Sementara KPK saat ini sedang menangani beberapa kasus besar yang membutuhkan kekompakan pimpinannya. “Di sinilah ada indikasi pelemahan KPK. Proses ini (pengadilan) akan menghambat kinerja KPK,” ujarnya.

Saat ini, kata Alex, pihak Bibit-Chandra menunggu hasil dari proses banding yang diajukan Kejaksaan. Sambil menunggu proses banding, dia berharap kejaksaan memikirkan alternatif lain untuk menyelesaikan masalah ini, sebagai antisipasi kalau proses banding ditolak.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pengadilan Negeri Jakarta SelatanĀ  memenangkan gugatan praperadilan Anggodo Widjojo atas Surat Ketetapan Pengentian Penuntutan (SKPP) Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah. Pengadilan juga memerintahkan agar perkara dua pimpinan KPK Bibit-Chandra segera dilimpahkan ke Pengadilan untuk diadili.
Selasa (20/4) lalu, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan,mengajukan banding ke Pengadilan Jakarta Selatan terkait dimenangkannya sidang pra peradilan kasusĀ  Bibit – Chandra.

tempointeraktif/ tiw

lowongan pekerjaan
PT. DISTRIVERSA BUANAMAS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….