Jumat, 23 April 2010 20:16 WIB Klaten Share :

Puluhan LSM dan Ormas tak terdaftar

Klaten (Espos)–Badan Kesatuan Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpollinmas) Pemkab Klaten mensinyalir terdapat puluhan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan organisasi massa (Ormas) yang tidak memiliki surat keterangan terdaftar (SKT).

Kepala Bakesbangpollinmas,Sri Winoto kepada Espos, Jumat (23/4), mengatakan di Klaten hanya terdapat 27 LSM atau Ormas yang sudah memiliki SKT. Untuk itu, pihaknya meminta kepada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mencermati sejumlah LSM dan Ormas yang mendatangi kantor mereka.

Dia mengatakan, jika LSM atau Ormas tersebut tidak mampu menunjukkan SKT agar tidak dilayani sebagaimana mestinya. “Kami menghimbau agar mereka tidak dilayani. Akan tetapi itu tergantung kebijakan dari masing-masing SKPD sendiri,” tutur Sri Winoto.

Sri Winoto menjelaskan, SKT merupakan kelengkapan administrasi yang penting bagi sebuah LSM atau Ormas. Menurutnya, bagi LSM atau Ormas yang ingin mendapatkan legalitas formal maka harus memiliki SKT. Dia mengatakan, saat ini masih terdapat puluhan LSM atau Ormas di Klaten yang belum memiliki SKT. “Kami meminta mereka untuk segera mengurus SKT di Bakesbangpollinmas jika ingin mendapatkan legalitas formal,” tandas Sri Winoto.

mkd

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…