Kamis, 22 April 2010 10:16 WIB News Share :

Dirawat di Singapura, kesehatan Sultan membaik

Yogyakarta— Kondisi kesehatan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X berangsur membaik, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit di Singapura.

Sri Sultan diketahui mengidap gula atau diabetes. Kadar gula darahnya  meningkat drastis sejak, Jumat (16/4) lalu. “Kondisinya sudah baik, namun belum diketahui kapan akan pulang ke Yogyakarta,” kata ajudan Sultan, Aceng Supriyadi, Kamis (22/4).

Sultan sejak Senin (19/4), menjalani pemeriksaan kesehatan di Mount Elizabeth Hospital Singapura, setelah sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta sejak Jumat malam.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta ini kemudian menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan. Hasil diagnosis dokter, Sultan mengalami kenaikan kadar gula darah hingga mendekati 500 mg/dl.

Sebelumnya, kerabat keraton KGPH Hadiwinoto di Yogyakarta, menyatakan penyakit gula darah atau diabetes mellitus yang diderita Sultan bukan hal yang mengejutkan, karena menurun dari ayahnya, Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Adik Sultan HB X ini mengatakan kakaknya rutin menjalani pemeriksaan kesehatan di Singapura sejak 15 tahun lalu. Rumah sakit yang dipilih adalah Mount Elizabeth Hospital.

Sultan hingga saat ini masih didampingi sang istri, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dan dua putrinya, GKR Pembayun serta GKR Condrokirono, di Singapura.


vivanews/rif

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…