Selasa, 20 April 2010 13:51 WIB News,Hukum Share :

Susno hanya senyum ditanya suap Rp 500 juta

Jakarta— Mantan Kabareskrim, Komjen Pol Susno Duadji memenuhi panggilan Mabes Polri, Selasa (20/4). Susno datang untuk menjalani pemeriksaan terkait praktek makelar kasus (Markus) di tubuh Polri.

Tiba di Mabes Polri sejumlah wartawan yang sudah menunggu sejak pagi, langsung memberondong pertanyaan. Seperti biasa dia hanya tersenyum. Bahkan ketika diminta komentar soal uang Rp 500 juta dari Haposan Hutagalung melalui Sjahril Johan, Susno pun cuma bisa senyam-senyum.

Salah satu pengacaranya, Zul Arman yang ikut mendampingi langsung menjawab pertanyaan wartawan, bahwa itu tidaklah benar. “Tidak benar itu,” katanya sambil menggandeng Susno menuju ruang pemeriksaan.

Dugaan pemberian uang Rp 500 juta itu terungkap dari Berita Acara Pemeriksaan Sjahril Djohan yang beredar di kalangan wartawan di Mabes Polri. Keabsahan BAP Sjahril itu belum diakui maupun ditolak kesahihannya oleh pihak Kepolisian.

Dalam BAP itu, Sjahril dituliskan mengaku pada Desember 2008 telah diberi uang oleh Haposan untuk Susno. Uang itu didiserahkan oleh Sjahril kepada Susno di rumah Susno.

Pemberian uang itu ditujukan agar perkara investasi peternakan ikan Arwana milik pengusaha asal Singapura, Mr. Hoo berjalan sesuai permintaan.

“Adapun tujuan dan bantuan saya tersebut agar perkara Arwana yang dilaporkan oleh Mr Hoo, klien dari Haposan Hutagalung segera diproses untuk segera dikirim ke JPU (Jaksa Penuntut Umum) dan mendapatkan P-21 (dilimpahkan ke pengadilan),” tulis pengakuan Sjahril dalam BAP yang beredar itu.

vivanews/rif

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…