Senin, 19 April 2010 16:14 WIB Karanganyar Share :

Tlobo jadi desa ODF

Karanganyar (Espos)--Desa Tlobo, Kecamatan Jatiyoso, menjadi proyek percontohan desa open defection free (ODF) atau desa yang masyarakatnya tidak lagi buang air besar di sembarang tempat.

Menurut Kepala Desa Tlobo, Sularmin, hampir semua warganya kini telah memiliki jamban atau tempat buang air besar. Hal itu tidak lepas dari peran serta masyarakat dalam membangun desa. Salah satunya yakni dengan membentuk organisasi yang menangani masalah tersebut, pada 2007 lalu. “Dulu memang banyak yang belum memiliki jamban dan BAB (buang air besar-red) di sungai,” kata Sularmin.

Karena tidak adanya jamban, maka pihaknya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk pengadaan toilet leher angsa. Sejak 2007 hingga 2009 masyarakatnya telah memiliki jamban sendiri. Kini, warga yang belum memiliki jamban tidak lebih dari dua persen.

Tidak sedikit dana yang telah dikeluarkan untuk pembuatan jamban. Pengadaan perlengkapan seperti leher angsa saja butuh dana senilai Rp 220 juta. Selain itu ada juga tambahan dana kas senilai Rp 11 jutaan dan Rp 52 juta dari swadaya masyarakat.

“Ini menandakan antusiasme masyarakat pada kesehatan sangat besar,” ujar Sularmin saat kegiatan Pencanangan Desa ODF di Dusun Mireng, Desa Tlobo, Senin (19/4) siang.
Bupati Karanganyar, Rina Iriani Sri Ratnaningsih mengatakan, apa yang telah dilaksanakan warga Tlobo untuk tidak BAB di sembarang tempat, perlu dicontoh. Karena itu, pihaknya mencanangkan Desa Tlobo sebagai pilot project atau proyek percontohan kesehatan bagi desa yang lain di Bumi Intan pari.

m87

PERSONALIA, ADMIN, QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Kemanusiaan Keluarga Polk

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/9/2017). Esai ini karya Anindita S. Thayf, seorang novelis dan esais yang tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah bambu_merah@yahoo.com. Solopos.com, SOLO¬†— Persekusi terhadap warga Rakhine etnis Rohingya di Myanmar…