Senin, 19 April 2010 11:14 WIB News Share :

SBY rumuskan 10 Inpres

Gianyar — Presiden SBY merumuskan kebijakan pembangunan lima tahun mendatang dengan membuat 10 strategi Tampak Siring. Rumusan ini bakal dituangkan dalam instruksi presiden (Inpres).

Rumusan 10 stratgei Tampak Siring ini disampaikan Presiden SBY pada rapat kerja di Istana Tampak Siring, Gianyar, Senin (19/4).

“10 Hal penting dan strategis akan disikusikan, merumuskan arah kebijakan dan strategi. Kemudian saya ingin ada hasil dokumen strategi Tampak Siring yang akan dituangkan dalam Intruksi Presiden,” kata SBY.

SBY menjelaskan 10 strategi Tampak Siring yang bakal dirumuskan oleh para menteri dan gubernur. 10 strategi itu, adalah:

1. Ekonomi tumbuh lebih tinggi. Sasarannya ekonomi tumbuh 7 persen pada 2014 dengan asumsi tidak terjadi krisis baru pada tingkat global. Pertumbuhan itu harus merata termasuk pertumbuhan di provinsi. Investasi dan ekspor harus dipacu tumbuh lebih tinggi.

2. Pengganguran harus menurun dengan menciptakan lapangan pekerjaan. Pengurangan pengganguran menjadi 5-6 persen pada 1014. Pengganguran yang paling tinggi 6 persen. Di Amerika Serikat pengganguran mencapai 10 persen.

3. Kemiskinan harus makin menurun. Sasaran 2014, bisa berkurang menjadi 8-10 persen. Caranya, dengan memberikan bantuan pendidikan dan pelayanan kesehatan sehingga dapat meningkat daya saing untuk bisa dapatkan pekerjaan sehingga mendapatkan menghasilan sehingga kemiskinan akan berkurang.

4. Pendapatan perkapita harus meningkat. Tahun 2014, Indonesia mempunyai income per kapita lebih dari 4.500 dolar AS per kepala per tahun. Jika income per kapita lebih dari 3000  dolar AS per kepala per tahun maka masyarakat akan patuh dengan pranata sehingga mengurangi instabilitas ekonomi dan politik.

5. Stabilitas ekonomi terjamin.

6. Pembiayaan dan sumber dalam negeri harus makin meningkat.

7. Ketahanan pangan dan air.

8. Ketahanan energi ditingkatkan. Pemadaman listirk harus dapat di atasi. Targetnya, Juni tidak terjadi lagi  byar pet lagi.

9. Daya saing ekonomi nasional menguat dan meningkat.

10. Memperkuat ekonomi ramah lingkungan.

dtc/ tiw

LOWONGAN PEKERJAAN
SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…