Senin, 19 April 2010 12:28 WIB News,Hukum Share :

Komisi Yudisial gagal periksa hakim perkara Gayus

Jakarta — Pemeriksaan Komisi Yudisial yang sedianya dilakukan hari ini, Senin (19/4) terhadap dua majelis hakim yang memvonis bebas Gayus Tambunan yakni Harun Tarigan dan Bambang Widyatmoko, terpaksa gagal. Sebab, Mahkamah Agung mendadak memanggil Harun dan Bambang.

“Kira-kira 15 menit lalu (pukul 10.15 Wib) KY baru tahu keduanya diperiksa MA,” ujar Ketua Komisi Yudisial, Busyro Muqoddas dalam jumpa pers di Gedung Komisi Yudisial, Senin.

Menurut dia, Komisi telah mengirimkan surat pemanggilan resmi ke Pengadilan Negeri Tangerang pada tanggal 15 Maret lalu. “Yang bersangkutan sudah tahu akan diperiksa KY,” ujarnya.

Ia menyesalkan langkah dadakan Mahkamah tersebut. “Harusnya MA memberitahu dulu ke KY, sehingga tidak ada misinformasi seperti ini. Ini soal etika pemeriksaan,” tutur Busyro.

Akibatnya, pemeriksaan Komisi Yudisial harus ditunda hingga Rabu (21/4) depan.

Pekan lalu Komisi Yudisial telah memeriksa pula Muhtadi Asnun, Ketua Pengadilan Negeri Tangerang yang menjadi Ketua Majelis Hakim perkara Gayus. Muhtadi telah mengaku bersalah menemui Gayus di rumah dinasnya, serta menerima suap Rp 50 juta.

tempointeraktif/ tiw

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….