Senin, 19 April 2010 13:49 WIB Internasional Share :

British Airways lakukan tes terbang untuk menguji efek abu vulkanik

London--Larangan terbang masih terus diberlakukan di sebagian besar negara-negara Eropa dikarenakan awan abu vulkanik. Namun maskapai penerbangan Inggris, British Airways, (BA) memutuskan untuk melakukan tes terbang guna menguji efek abu vulkanis terhadap pesawatnya.

Pejabat BA yakni pemimpin ekesekutif Willie Wals menaiki pesawat yang bertolak dari London, Inggris, menuju Cardiff tersebut. Dalam penerbangan uji coba selama tiga jam itu, pesawat Boeing 737 yang mengangkut 5 orang itu tidak mengalami gangguan apa pun.

Kini BA akan mempelajari efek penerbangan tersebut pada mesin-mesin pesawat. Setelah itu baru akan diputuskan apakah aman untuk kembali melakukan penerbangan komersial atau tidak.

“Kami tak akan melakukan ini jika kami tidak berpikir ini aman dan tidak mendapatkan izin yang diperlukan,” kata juru bicara BA mengenai penerbangan uji coba tersebut.

“Kami tak akan melakukan apa pun yang akan membahayakan kru kami atau pesawat,” imbuhnya seperti dikutip harian Inggris, Telegraph, Senin (19/4).

Sebelumnya maskapai penerbangan Belanda, KLM, juga telah melakukan penerbangan uji coba dengan menembus awan abu vulkanik di atas jalur penerbangan Belanda. Tes terbang itu pun menunjukkan hasil baik.

“Kami tak menemukan hal yang tidak biasa dan tanpa gangguan, yang mengindikasikan atmosfir jernih dan aman untuk terbang,” kata juru bicara KLM.

Awan abu akibat letusan gunung berapi di Islandia telah menyebabkan ribuan penerbangan Eropa dihentikan sejak Rabu, 14 April lalu. Menurut para pakar penerbangan, abu vulkanik tersebut bisa menyebabkan mesin jet mati dan mengganggu jarak pandang pilot. (ita)


dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…